Danau Toba, Danau Terbesar Seasia Tenggara


Danau Toba Terletak di Pegunungan Bukit Barisan Provinsi Sumatera Utara. Danau Toba adalah salah satu Danau Vulkanik terindah yang di miliki negara indonesia. Luas Danau Toba mencapai 1.145 Km persegi. Danau ini terlihat seperti laut yang berada pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Danau Toba memiliki kedalaman 450 meter yang menjadikan danau ini danau terdalam di dunia. Danau Toba memiliki panjang sekitar 100 Km dan lebar 30 Km. Lerak Strategis Danau Toba ini terletak pada titik Koordinat 3,58 derajat Lintang Utara dan 98,67 derajat Bujur Timur. Danau Toba juga menjadi Danau Terluas di Dunia yang terbentuk dari erupsi gunung berapi dan Danau ini masuk dalam daftar Guinness World Records.



Danau Toba Sumatera Utara

Menurut sejumlah ilmuwan, danau toba ini terbentuk karena sebuah erupsi hebat Gunung Toba yang terjadi pada 74.000 tahun lalu. Dilansir dari Daily Mail, letusan tersebut membinasakan sekitar 60 persen makhluk hidup pada saat itu. saat melelus, Gunung Toba memuntahkan 2.500 kilometer kubik lava, setara dua kali volume Gunung Everest. Erupsinya 5.000 kali lebih mengerikan dari letusan Gunung St Helens pada 1980 di Amerika Serikat. Menurut situs Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), dalam waktu sekitar dua minggu, ribuan kilometer kubik puing dimuntahkan dari puncaknya. Aliran piroklastik awan yang merupakan campuran gas panas, serpihan batu, dan abu mengubur wilayah sekitar 20.000 kilometer persegi di sekitar kaldera. Walaupun telah terjadi puluhan ribu tahun yang lalu, para peneliti memprediksi atau memperkirakan erupsi dahsyat Danau Toba akan terjadi lagi. Namun menurut mereka, peristiwa tersebut tampaknya tidak akan terjadi dalam waktu dekat yang mungkin pada waktu lain.

Danau Toba

Danau Toba di kelilingi oleh deretan gunung berapi yang merupakan bagian dari pegunungan bukit barisan membuat danau toba begitu dingin dan indah. disini juga banyak terdapat pohon enau dan pinus yang menambah keindahan danau ini. Danau Toba juga terdapat berbagai binantang di sekitar danau seperti monyet lingur, tapir, dan ingkir. Tentulah hal ini juga unik karena danau ini seolah-olah berfungsi sebagai garis pemisah ekologi fauna di sisi utara dan selatan Danau Toba. di tengah danau toba terdapat sebuah Pulau yang bernama Samosir. 



Pulau Samosir Sumatera Utara

Pulau Samosir memiliki Luas sekiranya hampir sama dengan Negara Singapura dan memiliki beberapa Desa dengan wisata alam yang sangat luar biasa. Pulau Samosir juga memiliki dua Danau di Pulau ini  yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Pulau Samosir di huni oleh suku batak Samosir. Pulau Samosir memiliki penduduk sekitar 580.428 jiwa. 

Danau Aek Natonang

Danau Aek Natonang terletak di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir, Sumatera Utara. Danau ini memiliki keindahan pada hijaunya pemandangan di sisi danau. keindahan lainnya saat sunset dan sunrise akan tiba. matahari yang bersembunyi dari balik bukit terpantulkan secara indah atau bias di atas air Danau yang indah dan mempesona. 

Danau Sidihoni

Danau Sidihoni terletak di Kecamatan Ronggur Nihuta, Samosir, Sumatera Utara. Danau ini terdapat pada ketinggian lebih kurang 1300mdpl dan memiliki luas yang diperkirakan hingga 3 hektar.  jika kalian seorang backpaker bisa mendirikan tenda di pinggir danau sidihoni ini. jika anda ingin menginap, Banyak sekali penginapan di Pulau Samosir dari resor, hotel dan penginapan biasa. Anda bisa menemukan banyak penginapan di sepanjang daerah Tuktuk dan Ambarita yang tidak jauh dari Pelabuhan Tomok. Di sini kita bisa menginap sambil menikmati keindahan alam Danau Toba, Pulau Samosir dan Dua buah Danau di dalam Pulau Samosir. 

Pemandangan Danau Toba

Sejarah Singkat Danau Toba

Menurut cerita rakyat yang telah banyak beredar, Danau Toba terbentuk dari kisah keluarga siluman ikan. Pada zaman dahulu, ada seorang pemuda yang sedang memancing di sungai yang kemudian berhasil mendapatkan seekor ikan. Tak seperti ikan lainnya, ikan yang didapatkannya bisa berbicara dan memohon agar tidak dimasak. Ikan tersebut kemudian berubah menjadi perempuan yang sangat cantik bernama Toba. Singkat cerita, keduanya pun menikah, namun ada satu permintaan Toba yang tak boleh dilanggar pemuda itu. Tak boleh ada seorang pun yang tahu tentang siapa sebenarnya perempuan cantik yang dinikahinya. Pernikahan mereka berjalan baik-baik saja sampai mereka memiliki seorang anak laki-laki bernama Samosir yang nakal dan selalu merasa lapar. Pada suatu hari, Samosir ditugaskan mengirim makanan untuk ayahnya di ladang, namun makanan yang dibawanya malah dimakan di jalan. Sang ayah lapar dan memutuskan pulang, dalam perjalanan pulang ia melihat Samosir sedang makan bekal yang seharusnya untuk sang ayah. Karena dalam kondisi sangat marah, tak sengaja ia menunjuk Samosir dan mengatakan bahwa ia adalah anak ikan. Seketika langit gelap dan hujan turun dengan deras. Air juga keluar dari bawah tanah yang membuat perkampungan terendam air. Toba dan Samosir tiba-tiba hilang saat perkampungan berubah menjadi lautan air. Saat itulah terbentuk Danau Toba dan Pulau Samosir diyakini sebagai perwujudan siluman ikan dan anaknya. sejarah ini pun telah di angkat ke televisi. 

Makam Raja Sida Butar

di Danau Toba jangan anda lewatkan wisata sejarah yang terdapat di dalamnya seperti Makam Raja Sidabutar, Museum Huta Bolon berada di Simanindo dan Batu Persidangan berada di Ambarita. Makam Raja Butar sangat unik karena terbuat dari batu besar tanpa sambungan dan ada ukiran wajah sang raja di batu makamnya. Raja Sidabutar merupakan orang pertama yang mendiami Tomok. Di kompleks pemakaman ini juga terdapat makam dua raja penerusnya dan makam beberapa anggota keluarga. Untuk masuk ke tempat wisata ini, Anda harus memakai ulos yang telah disediakan oleh petugas di pintu masuk untuk dapat ke Makam ini. 

Museum Huta Bolon

Di dalam museum terdapat banyak koleksi benda-benda yang erat kaitannya dengan budaya Batak seperti pakaian adat, kain ulos dan juga peti mati yang berisi boneka Sigale-gale.

Batu Persidangan

Objek Wisata sejarah ini terdapat di Desa Ambarita adalah sebuah Batu yang berbentuk seperti meja ini dahulu digunakan untuk mengeksekusi tahanan. Orang-orang yang terbukti melakukan kejahatan seperti membunuh, mencuri dan memerkosa akan dihukum pancung di meja ini. 



Demikianlah informasi tentang Objek Wisata Danau Terbesar Kedua Di dunia ini. banyak tempat wisata yang indah dan bersantai di tempat ini. Ayo Kunjungi Segera Danau Toba ini!.

0 Response to "Danau Toba, Danau Terbesar Seasia Tenggara"

Poskan Komentar