Museum Edukasi Gunung Api Merapi


Museum Gunung Merapi terletak pada Desa Hargobinangun, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta atau Dusun Benteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum Gunung Merapi ini memiliki 2 lantai yang diresmikan tahun 2010. bentuk bangunan museum ini sangat unik yang berbentuk seperti trapesium dengan salah satu sisi puncaknya mengerucut membentuk segitiga. Luas bangunan museum ini mencapai sekitar 4.470 yang berdiri diatas tanah seluas 3,5 hektar. museum ini ingin di kenal masyarakat sebagai "Museum Api Merapi, Merapi Jendela Bumi." Museum ini dapat di jadikan sebagai sarana pendidikan, penyebarluasan informasi tentang aspek kegunung apian dan kebencanaan geologi lainnya yang bersifat rekreatif dan edukatif untuk masyarakat luas yang berada di seluruh indonesia.



Museum Gunung Merapi

didalam museum anda akan  mendapatkan informasi tentang gunung merapi diantaranya :

  1. Informasi ilmiah kegunungapian, kegempaan dan gerakan tanah yang merupakan proses dinamika geologi, dicerminkan diantaranya dalam informasi model pembentukan, mekanisme terbentuknya maupun proses-proses yang menyertainya.
  2. Informasi fenomena gunungapi terbentuk sebagai hasil proses-proses geologi, yang tampil dipermukaan bumi diantaranya berupa bentang alam gunungapi, struktur geologi gunungapi, produk hasil letusan gunungapi, dan produk-produk hasil proses lainnya.
  3. Informasi mitigasi bencana gunungapi, gempabumi, tsunami, gerakan tanah yang ditampilkan dalam bentuk informasi sistem monitoring, penelitian dan pengamatan, sistem peringatan dini, dan upaya mitigasi bencana diantaranya menyangkut sistem penyelamatan masyarakat terhadap ancaman bahaya letusan gunungapi, kegempaan atau gempa bumi dan gerakan tanah yang dapat mengedukasi anda semua. 
  4. Informasi sumberdaya gunungapi, sebagai potensi yang dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat, pengembangan infra-struktur dan lainnya.
  5. Informasi aspek sosial budaya diantaranya menyangkut kehidupan, budaya/tradisi, mitos dan lainnya yang berkaitan dengan lingkungan dan keberadaan suatu gunungapi.

Museum Edukasi Gunung Api Merapi

Tiket dan Fasilitas Museum Merapi

museum ini di lengkapi dengan taman, area parkir, Mushola, Toilet dan plaza. untuk harga tiket masuk Museum merapi seharga 3.000 ribu rupiah per orang. jika anda ingin melihat film tentang edukasi gunung merapi anda dikenai biaya seharga 5.000 ribu rupiah per 30 menit per orangnya.

Mushola dan Toilet Museum Gunung Merapi

Model dari bangunan museum ini hampir mirip dengan objek wisata museum yogya Monjali. jika anda ingin menginap atau bermalam di tempat ini, ada beberapa tempat bermalam yang dapat anda gunakan di antaranya adalah Raffles Holiday Yogya Hotel, The Cangkringan Yogya Villas dan Spa. anda juga dapat menginap di sekitar daerah Malioboro. menurut warga sekitar bangunan tersebut memang di desain dan mengambil beberapa unsur ciri khas Yogyakarta, yaitu seperti wisata Candi Borobudur, Candi prambananIstana Ratu Boko dan atapnya terlihat seperti menyerupai Wedus Gembel yang berada pada Yogyakarta.

maket 3D penampang Gunung Merapi



Akses Lokasi Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi berjarak 5 Km dari Objek Wisata Kaliurang. dari jalan Kaliurang kurang lebih 20 km sesampainya di Oasis Crisis Center belok kiri mengikuti jalan masuk menuju obyek wisata Kaliurang dari sebelah barat.. Anda akan menemukan gerbang masuk kawasan wisata Kaliurang silahkan belok ke kanan, Museum Gunung Merapi terletak persis di ujung jalan tersebut dan anda dapat menikmati keindahan taman museumnya dan yang lainnya.



Demikianlah informasi tentang Museum Gunung Api merapi yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. objek wisata ini wajib anda kunjungi untuk mengetahui proses gunung merapi dan berbagai edukasi geologi lainnya. Ayo Kunjungi Wisata ini Untuk Edukasi Keluarga Anda.

0 Response to "Museum Edukasi Gunung Api Merapi"

Poskan Komentar