Pantai Nampu Yang Tersembunyi di Jawa Tengah


Pantai Nampu terletak di Desa Gunturharjo, kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. kabupaten wonogiri memiliki berbagai jenis wisata pantai yang sangat populer seperti Pantai Banyutowo, Pantai Sembukan, Pantai Klothok, Pantai Pringjono, Pantai Puyangan, Pantai Njujugan, Pantai Nglojok, Pantai Sadeng, Pantai Miring, Pantai Mbut Manis, Pantai Kijingan dan berbagai pantai lainnya. Pantai ini akan memperlihatkan batu-batu karang di saat air laut sedang surut. suasana pantai akan terasa lebih menyenangkan disaat melihat ikan-ikan kecil yang berjalan di sela-sela pantai. panorama yang bagus di lihat disini adalah sunset yang akan membuat suasana pantai semakin eksotis untuk di lihat oleh para wisatawan. pantai ini sering di bilang seperti pantai Dream beach Bali. di pantai ini juga memiliki ombak yang indah dan arus di pantai ini tidak terlalu deras. jadi cocok untuk bermain air dari pantai ini.


Pantai Nampu Jawa Tengah

Sejarah Pantai Nampu Yang Sepi 

dibalik suasana sepinya itu adalah tutur simbah yang ada di Dusun Dringo Kelurahan Gunturharjo ini mengatakan bahwa tanah di wilayah pantai Nampu bukan kuasa pemerintah setempat karena pada tahun 1979 sudah dimiliki oleh perusahaan Batik Keris. Batik Keris itu membeli lahan Nampu mulai dari pantai Nampu itu sendiri hingga pantai Sembukan sepanjang sepuluh kilometer. Jadi pemerintah kesusahan jika ingin memberikan fasilitas untuk pantai tersebut. Pembelian tanah oleh Batik Keris waktu itu dilakukan dengan cara memaksa, tidak ada tawar- menawar harga layaknya proses jual beli tanah pada umumnya. Proses transaksinya maksa banget, Waktu itu dilakukan oleh aparat keamanan, masyarakat hanya diberitahu jika pemerintah yang akan membeli lahan tanah tersebut. Pada saat tengah-tengah proses pembayaran tanah kepada masyarakat, baru kemudian diberi tahu kalau yang membeli lahan mereka itu Batik Keris, bukan pemerintah karena pemerintah tidak ada dana.”

Pantai Nampu yang eksotis

Harga Tiket, Fasilitas dan Akomodasi

untuk menikmati Pantai Nampu ini anda dan keluarga tidak butuh biaya yang mahal karena harga tiket untuk ke Pantai Yang eksotis ini anda hanya dapat mengeluarkan uang sebesar 5.000 rupiah per orangnya. biaya parkir di Pantai ini sebesar 5.000 rupiah untuk sepeda motor dan 15.000 rupiah untuk mobil. fasilitas disini tidak lah banyak krna baru-baru ini pihak pengelola mendirikan homestay untuk para wistawan yang datang kesini. disini jika anda ingin makan sambil melihat indahnya pantai, anda tinggal membelinya di warung-warung kecil yang terdapat di pantai nampu. untuk akomodasi belum terdapat hotel atau tempat penginapan yang mewah di tempat ini. jadi, nginap saja di homestay desa yang akan membuat anda nyaman juga dan akan di bawa untuk memancing bareng oleh warga desa disana. kemudian anda juga di ajak menikmati spot-spot yang ada di pantai nampu seperti pantai waru dan pantai pringjono. disini juga terdapat gazebo dan toilet jika para pengunjung inigin buang air kecil dan air besar.

Rute dan Akses Jalan Menuju Pantai Nampu

untuk menuju pantai ini tidak lah susah. bagi wisatawan luar dari jawa tengah anda bisa menggunakan pesawat dulu untuk sampai ke kabupaten wonogiri. rute dan akses jalan menuju pantai nampu di bagi menjadi 2 bagian. di sarankan lebih baik menggunakan kendaraan pribadi jika anda ingin berlibur di Pantai Nampu ini. jika anda jalan dari arah solo,sukoharjo, karanganyar dan sekitarnya. dari kota solo, karanganyar dan sekitarnya anda bisa menuju kearah kabupaten wonogiri dengan melewati kabupaten sukoharjo hingga sampai di waduk gajah mungkur. kemudian lurus saja terus hingga anda menemukan percabangan dengan papan petunjuk jalan pilih arah menuju pracimantoro/yogyakarta. habis sampai disana anda lurus saja mengikuti jalan hingga sampai di perempatan dimana jika anda belok ke kiri akan menuju pacitan jika anda kekanan anda akan menuju yogyakarta dan lurus anda akan sampai ke wonosari. anda wajib mengambil arah ke pacitan tetapi tetap ikuti jalan sampai ke perempatan lagi lalu anda ambil arah jalan ke kanan menuju paranggupito. kemudian anda akan menemukan papan petunjuk arah atau jalan menuju pantai Nampu di pertigaan. jadi kalau anda lewat dari pacitan ada 2 rute yang bisa anda tempuh yaitu :

  • Rute pertama : Donorejo - kalak - dringo - pracimantoro - pantai nampu.
  • rute kedua : purung - sendang - kalak - dringo - pracimantoro - pantai nampu. 



Demikianlah informasi tentang Objek Wisata Pantai Nampu Jawa Tengah. tempat ini tergolong sepi pengunjung, namun pemandangannya tidak kalah bagus untuk melakukan pemotretan dan berlibur disini. pantai ini tergolong pantai yang nyaman untuk di kunjungi meskipun fasilitas belum menjadi yang terbaik. jadi tunggu apalagi kembangkan lah wisata yang unik.

0 Response to "Pantai Nampu Yang Tersembunyi di Jawa Tengah"

Posting Komentar