Gunung Mahangetang, Gunung Api Bawah Laut


Gunung Mahangetang terletak di Pulau Mahangetang, Desa Mahangetang, Kecamatan Tatoareng, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara. Gunung Mahangetang lebih di kenal di daerahnya dengan sebutan Banua Wuhu. Gunung Mahangetang adalah sebuah gunung yang aktif di perairan dangkal. jika anda ingin melihat gunung ini anda harus menyelam karna gunung api ini ada di bawah laut. Gunung Api Bawah laut ini memiliki titik puncak yang sangat dekat dengan permukaan yaitu sekitar 8 meter dari bawah permukaan laut. Gunung ini membuat air bawah laut menjadi hangat. bukan hanya Gunung Mahangetang yang menjadi keunikan disini namun, terumbu karang dan keindahan bawah lautnya pun sungguh menarik.


Gunung Api Bawah Laut Banua Wuhu

Gunung Mahangetang dihiasi berbagai macam tumbuhan hijau dan dihuni berbagai hewan-hewan liar baik unggas, serangga atau pun binatang berkaki empat  yang ada di alam bebas, Karena gunung ini terendam, yang menghiasi Mahangetang adalah terumbu karang, dan enaka rumput laut. Binatang yang menghuninya pun adalah hewan-hewan laut seperti ikan, penyu, kura-kura, tripang, ubur-ubur dan binatang koral. Mahangetang masih terbilang aktif karena Dari mulut kawahnya tersembur gas yang terus dikeluarkan oleh Gunung ini. Gas inilah yang membentuk gelembung-gelembung udara yang keluar ke permukaan laut. Suhu air di sekitarnya cukup hangat, yakni bersuhu sekitar 37 sampai 38 derajat celcius. Hamparan koral di sekitar gunung ini terlihat menarik. Hanya jangan pernah mencoba mengambil atau menyentuh mulut kawah. Batu yang terdapat disana sangat panas, karena panasnya lava yang keluar dari perut bumi, meskipun batu itu berada di dalam air. jika anda dapat menyelam 10 hingga 20 meter di bawah permukaan laut, maka anda akan melihat keindahan dari Gunung Mahangetang ini.
Baca Juga : Wisata Baru Bukit Mojo Gumelem Yogyakarta
Gunung Api Mahangateng Di pulau Mahangateng

Sampai tahun 2010, tercatat di perairan Indonesia sendiri terdapat 5 gunung berapi yang berada di bawah laut. Gunung-gunung tersebut yaitu Gunung Hobal (perairan Pulau Lembata, NTT), Gunung Emperor Of China dan Gunung Niuwewerker (perairan Banda), serta Gunung Mahangetang dan Gunung Submarin (perairan Utara Sulawesi). proses keluarnya gelembung-gelembung udara dari terumbu karang di daerah sekitar puncak gunung api disebut Atraksi Underwater Volcano. jika anda hobi menyelam, tempat ini sungguh indah dan menawan.


Atraksi Underwater Volcano

Rute dan Akses Jalan Gunung Mahangetang

ada dua jalur yang dapat anda tempuh untuk menuju objek wisata Gunung Mahangeteng ini yaitu jalur udara dan jalur laut. Jika anda melilih jalur laut, maka dari Pelabuhan Manado menuju ke Tahuna dengan kapal yang dapat ditempuh sekitar 5-6 jam. Kemudian dilanjutkan ke Pulau Mahangetang. Jika pilihan anda adalah jalur udara, maka dari Bandara Internasional Sam Ratulangi langsung menuju Tahuna dilanjutkan ke Pulau Mahangetang. Sedangkan untuk menuju spot diving Underwater Volcana, dapat ditempuh dengan speedboat selama satu jam.

Artikel Terkait : 
Air Terjun Telu Kali Sulawesi Utara
Pulau Lembeh Milik Sulawesi Utara
Danau Tondano, Danau Terluas Di Sulawesi Utara
Taman Nasional Bawah Laut Bunaken


Demikianlah informasi tentang Gunung Mahangeteng yang di sebut Gunung Api Bawah Laut Banua Wuhu. anda dapat melakukan aktivitas Diving dan melihat keindahan bawah laut dengan kehangatan air lautnya dan terumbu karang yang indah. Ayo Kunjungi Sekarang Juga.

0 Response to "Gunung Mahangetang, Gunung Api Bawah Laut"

Posting Komentar