Candi Borobudur Jawa Tengah


Candi Brobudur terletak di Kecamatan Borobudur, Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah. lebih tepatnya di jalan Badrawati. Candi ini merupakan Candi warisan budaya indonesia yang sudah terkenal sampai ke seluruh dunia. Candi Borobudur adalah salah satu Candi Budha yang terbesar di dunia dan telah di tetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO. Candi ini ditemukan oleh HC cornelius atas perintah Sir Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814. pekerjaan menggali lokasi yang diduga monumen besar kemudian dilanjutkan oleh hotman salah satu pejabat pemerintah belanda yang saat itu para arkeolog berlomba lomba mencari tahu asal usul candi budha terbesar di belahan dunia ini hingga sekarang.



Candi Borobudur

di kabarkan Candi Borobudur terpilih menjadi salah satu lokasi untuk syuting adegan dalam film Transformers terbaru ini. Pemilihan Candi Borobudur bukannya tanpa alasan, karena film The Last Knight sendiri nantinya akan sedikit memberikan cuplikan flashback mengenai adegan dalam film keduanya, Revenge of the Fallen. Film Transformers ini akan tayang pada tanggal 23 juni 2017 di America. bagian candi manakan yang akan tayang di film transformers ini?. Candi Borobudur adalah sebuah candi budha yang berada di kecamatan borobudur, kabupaten magelang. letak candi ini 15 km arah selatan kota magelang. candi ini berada di daratan yang berbukit yang di kelilingi oleh gunung. adapun gunung yang mengelilingi candi ini antara lain adalah Gunung Merbabu (Sebelah Timur), Gunung Merapi (Sebelah Barat Laut), Gunung Sumbing (Sebelah Selatan) dan Gunung Sindoro (Sebelah Utara) dari Candi Borobudur.

Patung Budha Candi Borobudur

Sejarah Singkat Candi Borobudur

candi borobudur diyakini merupakan peninggalan kerajaan Dinasti Sailendra masa pemerintahan raja Samaratungga dari Kerajaan Mataram Kuno dan selesai dibangun pada abad ke-8. banyak sekali misteri candi borobudur yang belum terkuak ,apa sebenarnya nama asli candi borobudur tidak ada prasasti atau buku yang menjelaskan dengan pasti tentang pembanguan borobudur,ada yang mengatakan nama tersebut berasal dari nama samara budhara memiliki arti gunung yang lerengnya terletak teras teras ada juga yang mengatakan borobudur berasal dari ucapan para budha yang mengalami pergeseran satu satu nya tulisan yang menyebutkan borobudur pertama kali adalah thomas Sir Thomas Stamford Raffles dalam bukunya yang berjudul sejarah pulau jawa .para ahli sejarah memperkirakan Sir Thomas Stamford Raffles menyebut borobudur dari kata bore dan budur ,bore artinya ialah desa sebuah desa yang terletak di dekat lokasi letak candi borobudur ditemukan sedangkan budur artinya purba. sejarah berdirinya candi borobudur diperkirakan dibangun pada tahun 750 masehi oleh kerajaan syailendra yang pada waktu itu menganut agama budha. pembangunan itu sangat misterius karena manusia pada abad ke 7 belum mengenal perhitungan arsitektur yang tinggi tetapi borobudur dibangun perhitungan arsitektur yang canggih ,hingga kini tidak satu pun yang dapat menjelaskan bagaimana cara pembangunan dan sejarah candi borobudur ini. banyak ilmuan dari seluruh penjuru dunia yang datang namun tidak satu pun yang berhasil mengungkapkan misteri pembangunan borobudur. Salah satu pertayaan yang membuat para peneliti penasaran adalah dari mana asal batu-batu besar yang ada di candi borobudur dan bagaimana menyusunnya dengan presisi dan arsitektur yang sangat rapih. Ada yang memperkirakan batu itu berasal dari gunung merapi namun bagaimana membawanya dari gunung merapi menuju lokasi candi mengingat lokasinya berada di atas bukit. Candi borobudur memiliki 72 stupa yang berbentuk lonceng ajaib, Stupa terbesar terletak di puncak candi sementara yang lain mengelilingi stufa hingga kebawah. Ketika ilmuan menggambar denah candi borobudur, mereka menemukan pola-pola aneh yang mengarah pada fungsi borobudur sebagai jam matahari, jarum jamnya berupa bayangan stupa yang besar dan jatuh tepat di stupa lantai bawah namun belum di ketahui secara pasti bagaimana pembagian waktu yang di lakukan dengan menggunakan candi borobudur ada yang mengatakan jam pada candi borobudur menunjukan tanda kapan masa bercocok tanam atau masa panen. jadi, sejarah berdirinya Borobudur belum ada yang pasti.



Candi Borobudur Jawa Tengah

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur 

Untuk wisatawan mancanegara atau turis menjadi US$ 25 dari US$ 20 dan untuk warga negara Indonesia atau wisatawan domestik menjadi Rp 40.000 dari Rp 30.000. Harga itu berlaku untuk satu kali masuk ke salah satu candi per orang. harga tersebut anda sudah bisa berselfie ria.
Baca Juga : Ini Keunikan Pulau Nyamuk Karimunjawa


Demikianlah Informasi tentang Objek wisata Candi Borobudur. sebenarnya di Candi ini terdapat berbagai misteri tentang candi-candi yang ada. namun, tempat ini bagus untuk anda kunjungi jika anda sedang liburan bersama keluarga. Ayo Kunjungi Wisata Budaya Indonesia.

2 Responses to "Candi Borobudur Jawa Tengah"