Danau Ranau Yang Jauh Dari Polusi


Danau Ranau terletak pada perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Danau ini adalah danau terbesar kedua sumatera. Danau Ranau ini memiliki luas 125,9 Km2 dan memiliki ketinggian permukaan 540 meter dengan volume 21,95 Km3. Danau Ranau ini dikelilingi oleh bukit-bukit dan gunung seminung dengan sumber air hangat alaminya sebuah kaldera gunung berapi strato morfologis muda yaitu bulu Kemuning dibangun di sisi dari ketinggian 600 m di atas permukaan danau kaldera. Danau Ranau ini terdapat pondok-pondok kecil yang di gunakan sebagai tempat tinggal masyarakat sekitar. Masyarakat sekitar danau Ranau ini bercocok tanam dan bermata pencaharian sebagai perikanan. pondok-pondok itu sangat dijaga dengan bersih dan dapat kita jadikan sebagai penginapan-penginapan yang sangat murah. Masyarakat sekitar hidup dengan budidaya kopi, cengkeh dan tembakau. udara di Danau ini jauh dari polutan dan masih asri. 



Danau Ranau Sumatera Selatan
Danau terbesar di Sumatera adalah Danau Toba, namun Danau ini harus anda kunjungi karena memiliki banyak keindahan di wisata danau yang satu ini. Berlibur ke Danau Ranau Anda juga dapat menyewa sebuah perahu untuk menelusuri Danau Ranau dan menikmati indahnya pemandangan di Danau Ranau. wisata Danau Ranau memiliki sebuah tempat pemandian air panas dan air dingin. Meskipun Danau Ranau ini terkenal dengan sejuk dan dingin tetapi di sini juga ada pemandian air panas yang benar-benar panas dengan pasir yang sangat hangat. Di sini Anda juga dapat melakukan aktivitas snorkeling dan berenang untuk mendapatkan pengalaman sangat menakjubkan. Sumber air panas tersebut berada di pulau kecil yang dikenal dengan pulau Marisa. Pulau Marisa sendiri memiliki cerita dan legenda yang sangat menakjubkan, dahulu katanya ada seorang pangeran yang sangat tampan dan Putri Aisyah yang memiliki dua kekasih yaitu Si Pahit Lidah dan Si Mata Empat. Putri Aisyah itu berjanji akan menikahi orang yang dapat membangun jembatan diatas seluruh Danau Ranau dalam waktu satu malam sebelum matahari terbit. Namun sampai pagi hanya Pulau Marissa yang dapat terbangun dan selesai. Di sekitar danau ini juga terdapat sebuah air terjun Subik yang sangat mempesona.

Sejarah Danau Ranau

Sejarah Singkat Danau Ranau 

Menurut cerita, danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Sungai besar yang sebelumnya mengalir di kaki gunung berapi itu kemudian menjadi sumber air utama yang mengisi cekungan itu. Lama-kelamaan lubang besar itu penuh dengan air. Sekeliling danau ditumbuhi berbagai tumbuhan semak yang oleh warga setempat disebut ranau. Maka danau itu pun dinamakan Danau Ranau. Sisa gunung api itu kini menjadi Gunung Seminung yang berdiri kokoh di tepi danau berair jernih tersebut. 

Penginapan Danau Ranau

Fasilitas Danau Ranau

Danau Ranau memiliki fasilitas penginapan, jadi anda dapat menginap dengan keluarga anda untuk berlibur di Danau ini. adapun yang di tawarkan dan terbagi menjadi 2 kategori yaitu Low Season dengan harga 100 hingga 150 ribu rupiah. high season dengan harga 500 hingga 700 ribu rupiah. untuk menyewa perahu berkisar 300 ribu rupiah untuk berkeliling di Danau Ranau.



Pulau Marisa

Harga Tiket Masuk Danau Ranau

  • 50 ribu rupiah untuk orang dewasa.
  • 30 ribu rupiah untuk anak-anak.

Danau Ranau adalah Danau Terbesar Kedua

Akses Lokasi Danau Ranau

Untuk dapat sampai ke Danau Ranau Anda bisa menempuh rute  Dari Kota Muaradua yang menjadi ibukota Kabupaten OKU Selatan, danau ini hanya berjarak sekitar 55 Km. Jika menggunakan transportasi jalur darat, waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Sedangkan dari Palembang, butuh waktu sekitar 9 jam perjalanan menggunakan mobil atau kendaraan umum.



Demikianlah tentang Objek Wisata Danau Ranau yang terdapat di daerah Sumatera Selatan. danau ini sangat sejuk dan nyaman untuk menemani liburan anda bersama keluarga. banyak kegiatan yang dapat anda lakukan di danau Ranau yang indah ini. Ayo Kunjungi Segera!.

1 Response to "Danau Ranau Yang Jauh Dari Polusi"