Goa Buniayu, Kecantikan Yang Tersembunyi


Goa Buniayu terletak di Desa Buniayu, Kecamatan Purabaya, Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. di beri nama Buni Ayu di karenakan dalam bahasa sunda Buni artinya "yang tersembunyi" dan Ayu artinya "Kecantikan", jadi Goa Kecantikan yang tersembunyi. penelusuran dan pemetaan Goa Buniayu dilakakukan untuk pertama kalinya pada tahun 1982 oleh seorang speleogiwan indonesia yang bernama Dr. R.K.T. Kho, bersama penelusur kebangsaan perancis anggota Federasi De Speleleologie Francaise (FFS) yaitu : George Robert, Arnoult Seveau dan Michael Chassier. saat ini terdapat beberapa Goa Buni Ayu yang telah berhasil di petakan di antaranya Goa Cipicung dan beberapa Goa di sekitarnya seperti Goa Bibijilan, Goa Adni, Goa Nyangkut Kubang Lanang, Goa Tanpa Nama, Goa Karsim, Goa Bisoro, Goa Idin, Goa Gede dan Goa Kole. Goa ini mulai di kembangkan untuk tujuan pariwisata mulai tahun 2007 dengan tetap memperhatikan kelestarian Goa tersebut. 



Goa Buniayu

setiap Goa yang berada di Objek Wisata Buniayu memiliki panjang yang berbeda seperti Goa Cipicung dengan panjang 3.300 meter, Goa Bibijilan dengan panjang 717 meter, Goa Adni dengan panjang 635 meter, Goa Nyangkut dengan panjang 390 meter, Goa Kubang Lanang dengan panjang 302 meter, Goa Tanpa Nama dengan panjang 400 meter. Goa Buniayu merupakan Goa alam yang masih alami. didalam Goa Buniayu anda akan menemukan Stalaktit, Stalakmit, Flow stone, Coloumn, Drapery, Gourdam, Canopy dan ornamen goa lainnya. Ada dua jenis perjalanan yang dapat Anda nikmati disini, yaitu penelusuran minat umum dan penelusuran minat khusus. Pada penelusuran goa untuk minat umum, Anda akan masuk ke dalam goa sedalam sekitar 500 meter. Untuk menempuh perjalanan tersebut, Anda tidak perlu mempersiapkan persiapan khusus. Cukup gunakan sepatu antislip serta pakaian yang nyaman. Jangan lupa pula membawa minuman dan makanan ringan untuk perut anda jika anda lapar. Untuk penelusuran minat khusus, Anda perlu mempersiapkan stamina khusus yang berguna untuk menikmati perjalanan ke dalam Goa. Lama perjalanan yang akan ditempuh selama 4-5 jam. Untuk perjalanan ini, Anda diharuskan memakai peralatan khusus di antaranya helm, wear pack antiair, sarung tangan, sepatu boot antilicin, dan alat penerangan. Tetapi peralatan ini semua disediakan oleh operator goa di Buniayu jadi anda tidak perlu repot-repot. Selain itu, harus dilengkapi pula dengan peralatan caving seperti static/dynamic rope, karabiner, steel ladder, serta perlengkapan lainnya. Pihak pengelola telah menyediakan peralatan serta pemandu lokal yang siap menemani perjalanan Anda menelusuri Goa Buniayu. 

Goa Buniayu Jawa Barat

kegiatan yang dapat anda lakukan di Goa ini adalah Menikmati Museum Bawah Tanah, Sensasi Kegelapan Abadi, Gerbang Vertikal, Goa Horizontal, Rapling Curug Bibijilan dan masih banyak lagi Goa yang terdapat di Buniayu ini. semua kegiatan bisa harus memiliki stamina yang kuat.

Goa Siluman Buniaayu



Harga Paket dan Akomodasi Goa Buniayu

Harga paket untuk memacu adrenalin di Goa Buniayu bermacam-macam tergantung yang anda pilih. Share Cost masuk ke Goa Buniayu sebesar 70.000 ribu rupiah. ada juga paket yang menawarkan untuk private Trip minimal 10 orang dengan harga paket 755.000 rupiah perorangnya. di kawasan Goa Buniayu terdapat saung-saung untuk anda menginap dan ada juga saung yang besar, yang dapat menampung 20 orang. disini juga terdapat toilet dan muhola. bagi anda yang ingin camping disini , ada sebuah Camp Site yang telah di sediakan di kawasan Buniayu. anda dapat membawa makanan dan minuman sendiri atau masak sendiri. anda juga dapat mengandalkan penduduk setempat untuk menyediakan sarapan pagi dan makan siang.



Demikianlah informasi tentang Objek Wisata Goa Buniayu yang tersembunyi. jika anda bosan melakukan naik gunung, pergi ke pantai atau ke air terjun anda dapat menikmati Goa Buniayu ini untuk tujuan wisata anda. Ayo Kunjungi Sekarang Juga Wisata Goa Buniayu ini!.

0 Response to "Goa Buniayu, Kecantikan Yang Tersembunyi"

Poskan Komentar