Pulau Biawak Jawa Barat


Pulau Biawak atau Pulau Rakit terletak pada Desa Pabean Ilir, Kecamatan Indramayu, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. dinamakan pulau biawak di karenakan banyak habitat hewan biawak di Pulau ini. Pulau Biawak juga belum banyak di kunjungi para wisawatan. Pulau Biawak merupakan kepulauan yang terletak di laut jawa. disebut kepulauan di karenakan ada tiga pulau di kawasan ini yaitu Pulau Biawak, Pulau Candikian dan Pulau Gosong


Pulau Biawak Jawa Barat

Berbeda dengan Komodo, yang mendiami Pulau Biawak adalah jenis Varanus Salvator Bivittatus. panjang tubuhnya umumnya hanya sekitar 1 M lebih sedikit, meskipun ada juga yang berukuran hingga 2,5 Meter. berat tubuhnya sekitar 30 hingga 50 Kg. namun ada juga yang dapat mencapai 75 kg. keistimewaan di Pulau ini adalah anda tidak perlu jauh-jauh ke Pulau Komodo untuk melihat Komodo itu sendiri. Pulau Biawak di kelilingi karang, yang seakan menjadi benteng penahan ganasnya ombak di Pulau ini. di bibir pantai bagian selatan dan utara membentang karang selebar 200 meter dari bibir pantai. sedangkan di bagian barat dan timur mencapai lebar 300 meter. Pulau ini juga sering di kenal dengan Pulau Menyawak dan Pulau Bompys. tidak hanya wisata alam dan sejarah, di pulau ini anda juga bisa melaksanakan wisata ziarah. pulau ini memiliki 2 buah makam diantaranya Makam Syeh Imam dan Z.M. Willem III. Pulau Cantik ini masih sangat perawan dan eksotis keindahan alamnya. 

Snorkeling Di Pulau Biawak

Di Pulau Biawak anda dapat melakukan beberapa aktivitas seperti bereng, Snorkeling, Diving, memancing dan berpetualang di dalam Pulau ini. daratan Pulau ini seluas 120 Hektar dan kaya dengan tanaman bakau yang hijau. Pulau Biawak terdapat sebuah Mercusuar yang didirikan oleh pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1872 dan hingga saat ini masih berfungsi untuk memandu kapal-kapal yang melintas pada Pulau Biawak ini. menara ini memiliki ketinggian 67 meter. banyak juga burung yang melintas di angkasa pulau tersebut antara lain Cangak Laut (Ardea Sumatrana), Trinil Pantai (Bubulcus ibis) dan burung udang biru (Alcedo Caerulenscens).

menara Mercusuar

Biaya Kegiatan Di Pulau Biawak

  1. Paket Snorkeling seharga 550.000 ribu rupiah minimal 10 orang.
  2. Paket Diving (Dive Licence) 4 x Dive seharga 1.600.000 ribu rupiah minimal 8 orang.
  3. Paket Diving (Try Dive) dengan 4x Dive seharga 1.800.000 ribu rupiah.
  4. Paket Reguler dengan harga 480.000 ribu rupiah minimal 10 orang. 


Akses Lokasi Pulau Biawak

untuk dapat sampai ke wisata Pulau Biawak ini, anda dapat melalui dari pelabuhan di Indramayu dengan menggunakan perahu nelayan berkapasitas 10 orang dengan biaya 750.000 ribu rupiah dengan waktu jarak tempuh perjalanan dengan  waktu selama 4 jam perjalanan.



Demikianlah informasi tentang wisata Pulau Biawak di Indramayu ini. Pulau ini sangat berpotensi untuk di jadikan wisata yang menakjubkan. meskipun fasilitas di Pulau ini masih kurang, namun Pulau Rakit ini juga bagus untuk anda kunjungi karna memiliki objek wisata yang indah bersama keluarga dan teman-teman anda.  Ayo Kunjungi Segera Wisata ini!.

0 Response to "Pulau Biawak Jawa Barat"

Poskan Komentar