Air Terjun Telu Kali Sulawesi Utara


Air Terjun Telu Kali atau Air Terjun Ratahan Telu terletak pada Desa Kali, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara. Air Terjun ini dinamakan Air Terjun Tahapan Telu Kali karena memiliki 3 tahapan air terjun, namun di lokasi hanya dapat melihat tahapan Air Terjun yang terakhir atau yang ketiga. letak tahapan Air Terjun yang pertama dan yang kedua terletak di atas tahapan air terjun yang ketiga. ketinggian tiap tahapan air terjun berbeda. Air Terjun tahapan pertama memiliki ketinggian sekitar 10 hingga 15 meter. Air Terjun tahapan yang kedua memiliki ketinggian sekitar 20 hingga 30 meter dan air terjun tahapan yang ketiga memiliki ketinggian sekitar 60 meter. tahapan yang terakhir airnya mengucur membentuk dua terjunan air yang bersebelahan yang menimbulkan kesan  yang sangat indah dan mempesona.


Air Terjun Telu Kali

Air Terjun ini pertama kali di temukan oleh beberapa masyarakat setempat bersama beberapa mahasiswa pecinta alam yang sedang menyusuri Sungai Malalayang pada tahun 1988. disini juga terdapat sebuah jembatan kecil yang akan menemani anda untuk menyeberangi sungai. dari jembatan ini lah air terjunnya terlihat sangat indah dan mempesona. tempat ini sebenarnya objek wisata di bawah asuhan pemerintah, jalan setapak disana di biayai oleh pemerintah, namun tindakan perawatan kuirang terlihat. di sepanjang jalan setapak yang akan anda lewati di sediakan juga beberapa pos untuk beristirahat bagi para pengunjung sambil berfoto-foto.

Air Terjun Tempat Pemandian Bidadari

pada daerah tersebut juga terdapat wisata lain yaitu objek wisata Batu Pinantik dan objek wisata makam salah satu pahlawan nasional yaitu Tuanku Imam Bonjol. Batu Pinantik adalah sebuah Batu yang berusia tua yang di penuhi sebuah tulisan-tulisan sekitar tahun 1800 an.

Batu Pinantik

Tuanku Imam Bonjol adalah salah satu tokoh yang memimpin Perang Paderi di Minang Kabau antara tahun 1821 hingga 1837. setelah tertangkap akhirnya, beliau di asingkan atau di letakkan ke Kecamatan Pineleng hingga akhirnya wafat pada tanggal 6 November 1864 di Pineleng.

Makam Tuanku Imam Bonjol

Akses Lokasi Air Terjun Telu Kali

wisata ini berjarak sekitar 10 Km dengan waktu tempuh sekitar 15 hingga 20 menit perjalanan dari kota Manado ke Tomohon. untuk anda yang ingin menuju kesana anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. jika anda menggunakan kendaraan umum perjalanan anda di mulai dari pasar pinasungkulan atau yang dikenal dengan terminal karombasan. perjalanan anda dari terminal karombasan ini cukup singkat untuk mencapai desa kali yang tidak sampai 1 jam perjalanan. tempat berhenti angkutan umum berada tepat di depan gerbang wisata air terjun telu kali ini. dari tempat parkir, anda harus berjalan kaki untuk sampai ke objek wisata air terjunnya dengan menuruni 200 anak tangga yang terbuat dari beton yang licin, karena banyak di tumbuhi lumut. di sepanjang jalan akan terlihat pos-pos tempat istirahat.

Air Terjun Tahapan Telu Kali


Tiket, Akomodasi dan Fasilitas Air Terjun Kali

untuk tiket masuk cukup membayar 2000 ribu rupiah per orang. Fasilitas yang terdapat di Wisata Air Terjun ini tidak terawat dan banyak sampah di daerah tempat ini. disini terdapat dua buah WC didekat air terjun yang sudah tidak memiliki pintu. keadaan didalam WC pun sangat kotor, karna tidak terawat.  lantai dan bak penampungan airnya pun tidak mengalir lagi.



Demikianlahinformasi tentang Objek Wisata Air Terjun Telu Kali yang terdapat di sekitar kota manado. Air Terjun ini sangat bagus untuk dikunjungi dan indah namun, fasilitasnya kurang terawat dan kurang terjaga.  Ayo Kunjungi Segera Bila Anda Penasaran Tempat Ini.

0 Response to "Air Terjun Telu Kali Sulawesi Utara"

Posting Komentar