Pantai Tikus Bangka Belitung


Pantai Tikus terletak Di Kecamatan Parit Pandang, Kota Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pantai Tikus merupakan salah satu pantai yang panjang yang ada di Sungailiat Bangka. Pantai ini desebut pantai tikus di karenakan terdapat banyak sekali jalan tikus atau jalan setapak. konon pada zaman dahulu jalan setapak ini di buat oleh pencari timah ilegal untuk membawa timah ke sisi pantai. karena pantai ini begitu panjang, terkadang masyarakat sekitar menyebut bagian-bagian pantai tikus bangka ini dengan sebuah penanda khusus tersendiri seperti Pohon Mangga, Pohon Akasia, Pantai Cinta, Pantai Vihara dan Lain sebagainya. Pantai ini dekat dengan Pantai Rebuk dan kedua Pantai ini di apit oleh perkebunan mangga. jadi Pantai Tikus ini di kenal juga dengan Pantai Kebun Mangga.


Pantai Tikus Bangka

Disisi Pantai Tikus ini terdapat tebing bebatuan yang tersusun rapi, hamparan pasir putih yang luas serta pulau batu kecil di depan pantainya. jika anda menyempatkan diri untuk naik ke puncak bukit, maka anda akan melihat sebuah kuil peribadatan yang berbentuk bulat yang berdiri megah dengan pemandangan yang begitu indah. kuil tersebut menjadi Landmark dari Pantai Tikus.  disisi pantai anda juga bisa melihat pantai rebuk dari tebing pantai tikus ini. disisi ini juga disebut dengan Pantai Pohon Akasia oleh warga setempat. di Pantai Tikus juga terdapat sebuah Pagoda Vihara yang sangat besar dan megah sekali. Pagoda ini terdapat di atas Bukit Pantai Tikus dan dari Pagoda ini pengunjung dapat melihat Pantai Tikus.

Vihara Pagoda Pantai Tikus

Tiket dan Fasilitas

saat anda tiba di Pantai Tikus ada terdapat sebuah pos kecil. disini pengunjung akan diminta membayar tiket masuk. kendaraan roda dua sebesar 2000 ribu rupiah dan kendaraan roda empat sebesar 5000 ribu rupiah. fasilitas yang ada pada Pantai Tikus ini terdapat bermacam-macam kegiatan yang bisa anda lakukan seperti Parkir kendaraan anda, tempat bermain, restoran, kamar ganti, water sport dengan biaya terjangkau.

tempat bermain Pantai Tikus


Akses Lokasi Pantai Tikus

Pantai ini terletak di sebelah timur kota sungai liat dan dapat anda tempuh dengan waktu sekitar 15 menit jika anda dari pusat kota dan sekitar 51 menit jika anda dari kota pangkal pinang ibukota dari bangka belitung dengan jarak tempuh 36,1 Km. jika anda dari luar kota atau manca negara anda dapat menggunakan travel atau kendaraan umum untuk mengelilingi Pantai.



Demikianlah informasi tentang Pantai Tikus Emas yang berada di Kabupaten Bangka. Pantai ini adalah Pantai terpanjang di banding pantai yang ada di Bangka Belitung. Ayo Berkunjung.

0 Response to "Pantai Tikus Bangka Belitung"

Posting Komentar