Jam Gadang, Monumen Kebanggaan Sumatera Barat


Wisata Jam Gadang terletak di Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat. yang beralamat pada jalan Parak Kubang No.40, Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. Jam Gadang adalah nama untuk menara Jam yang terletak di Kota Bukittinggi. Jam Gadang adalah sebuah icon Koto Bukittinggi, yang dimana lokasinya dikelilingi oleh Pasar Atas, Pasar Lereng, Istana Bung Hatta dan Plaza Bukittinggi. Jam Gadang memiliki tinggi 26 meter dan diameter 80 centimeter dengan di topang basemant dasar 13x4 meter ibarat sebuah tugu atau monumen.


Jam Gadang, Monumen Kebanggaan Sumatera Barat

Sejarah dan Keunikan Jam Gadang

Jam Gadang di bangun pada tahun 1926 oleh arsitek Yazin dan Sutan Gigi Ameh. peletakan batu pertama jam ini dilakukan putera pertama Rook Maker yang saat itu masih berumur 6 tahun. Jam ini merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Controleur atau Sekretaris Kota. pada masa penjajahan belanda ornamen jam ini berbentuk bulat dan diatasnya berdiri patung ayam jantan. pada masa penjajahan jepang ornanen jam berubah menjadi klenteng dan pada masa setelah kemerdekaan ornamen kembali berubah dengan bentung gonjong rumah adat minang kabau. angka-angka pada jam tersebut memiliki keunikan yaitu angka empat pada angka romawi biasanya tertulis IV, namun di Jam Gadang tertulis IIII. saat dibangun, biaya seluruhnya mencapai 3.000 Gulden dengan penyesuaian dan renovasi dari waktu ke waktu. dari beragam informasi di tengah masyarakat, angka empat aneh tersebut ada yang mengartikan sebagai penunjuk jumlah korban yang menjadi tumbal ketika pembangunan berlangsung. 

Jam Gadang 2

untuk pembuatan Jam Gadang itu sendiri menggunakan bahan-bahan bangunan yaitu Kapur, Pasir Putih dan Putih Telur. sementara mesin dari jam gadang ini hanya terdapat dua buah mesin di dunia. yang pertama terdapat pada Big Ben yang berada pada Kota London, Inggris. didaerah wisata Jam Gadang banyak beragam makanan, minuman, dan aneka khas Sumbar.


Akses Lokasi Jam Gadang 

untuk mencapai Lokasi para wisatawan bisa menggunakan jalur darat pada jalan pintas Sumatera dari Kota Padang ke Bukittinggi. kalau anda yang berada pada Provinsi Riau anda langsung saja menuju Kota Bukittinggi. Total waktu yang dapat anda tempuh dari Kota Padang ke Kota Bukittinggi lebih kurang selama 2 jam perjalanan dengan menggunakan angkutan antar kota. setelah anda sampai di Kota Bukittinggi anda dapat melanjutkan dengan menggunakan angkutan Kota atau Bendi yang akan mengantar anda sampai ke tujuan anda.



Demikianlah tentang Wisata Jam Gadang yang slalu banyak di kunjungi oleh para wisatawan. jika anda jalan-jalan ke Sumatera Barat anda harus berhenti atau melihat ke wisata yang satu ini untuk mendengarkan bunyi Jam ini saat jam 00.00 Wib. Ayo Kunjungi Sekarang Juga.

0 Response to "Jam Gadang, Monumen Kebanggaan Sumatera Barat"

Posting Komentar