Air Terjun Tiu Teja Yang Kembar


Air Terjun Tiu Teja terletak di Desa Santong, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dalam bahasa lokal Suku Sasak, Teja artinya adalah Pelangi. Karena pembiasaan cahaya warna warni yang indah seperti pelangi. itulah mengapa masyarakat menyebut Air Terjun tersebut Tiu Teja. ketinggian Air Terjun Tiu Teja sekitar 40 meter dengan lebar sekitar 10 meter yang di kelilingi oleh tumbuhan yang masih asri dan lebat. di bawah terjunan air terdapat kolam kecil dengan kedalaman sekitar 1,2 meter. sehingga aman untuk berenang. Air Terjun ini terdiri dari dua terjunan air yang berdampingan. pada saat musim kering datang hanya akan terlihat satu terjunan Air Terjun saja yang dapat anda lihat.


Air Terjun Tiu Teja Yang Kembar

Air Terjun Tiu Teja ini selain indahnya anda tidak harus Tracking dengan jarak yang menyiksa dan lintasan yang menantang karena kendaraan yang anda bawa dapat anda parkirkan sampai depan tangga pintu masuk. untuk HTM nya sendiri pengunjung hanya di kenakan 5.000 per orang. dari sepanjang tangga menurun inilah anda di suguhi hutan primer serta puluhan monyet ekor panjang dan lutung hitam yang melompat dari dahan ke dahan. sensasi suara pohon yang berderak di goyang angin, suara monyet yang bermain-main di dahan, akan makin lengkap ketika di tambah dengan gemuruh Air Terjun Tiu Teja Kembar yang indah dan mempesona yang mulai terdengar setelah 5 menit anda berjalan menuruni tangga.

Habitat Monyet Lutung Hitam

Akses Lokasi Air Terjun Tiu Teja 

Berjarak 60 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam berkendara dari Kota Mataram. Akses menuju kesana cukup baik hingga menuju Desa Santong. hanya sekitar 2 Km sebelum tiba di lokasi Air Terjun harus melewati kebun dan hutan. sebaiknya anda menggunakan kendaraan roda dua untuk kesana karena untuk kendaraan roda empat aksesnya hanya sampai di pintu gerbang di pinggir Desa. Sesampainya di Pos Pemantauan BKSDA ( Balai Konversi Sumber Daya Alam) perjalanan di teruskan dengan berjalan kaki sejauh 200 meter menuruni jalan setapak yang sudah di buatkan anak tangga hingga lokasi Air Terjun berada. 




Demikianlah informasi Air Terjun yang tersembunyi pada Desa Santong. Air Terjun ini dapat anda kunjungi pada Provinsi Nusa Tenggara Barat yang lebih tepatnya di dekat Pulau Lombok. meskipun objek wisata ini tidak di budayakan terlalu besar, tetapi akan membuat perjalanan anda lebih indah di saat anda akan menemui Air Terjun Tiu Teja yang kembar ini yang akan membuat mata anda terpesona dengan adanya pelangi yang ada di sekitar air terjun saat matahari memancarkan sinarnya. Kunjungi Wisata Air Terjun Tiu Teja Yang Kembar ini.

0 Response to "Air Terjun Tiu Teja Yang Kembar"

Posting Komentar