Pantai Air Manis, Legenda Malin Kundang Sumatera Barat


Pantai Air Manis terletak di Kecamatan Teluk Kabung, Kabupaten Padang, Sumatera Barat atau berjarak sekitar 15 Km dari pusat Kota Padang. Selain memiliki panorama yang indah, ombak di pantai ini juga tidak terlalu tinggi. Menjadikannya sebagai salah satu objek wisata populer bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Pantai Air Manis berkaitan erat dengan legenda Malin Kundang di Sumatera Barat. Malin Kundang adalah karakter dalam dongeng yang berubah menjadi batu, bersama-sama dengan kapalnya, setelah durhaka kepada ibunya.

Di tepi pantai, terdapat batu Malin Kundang dan beberapa perlengkapan kapalnya, yang juga berubah menjadi batu.

Baca Juga : Wisata Danau Maninjau Sumater Barat

Pantai Air Manis



Berdasarkan cerita, Malin Kundang dikutuk oleh ibunya karena menolak untuk mengakui ibunya setelah bepergian ke daerah lain dan menjadi kaya.

Batu Malin Kundang

Tidak jauh dari lokasi Batu Malin Kundang terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Pisang Kecil. Jaraknya hanya sekitar 500 meter dari lokasi Batu Malin Kundang. Untuk dapat ke Pulau Pisang Kecil, pengunjung dapat menyewa perahu atau bisa juga dengan berjalan kaki. Namun perlu diingat, bila memilih berjalan kaki, maka Anda harus segera kembali ke Pantai Air Manis sebelum pukul 16.00 WIB, karena air laut biasanya sudah mulai pasang. Beberapa penginapan yang sebagian besar dikelola oleh masyarakat setempat dapat Anda temui di sini. Selain itu, rumah makan serta kios aneka souvenir juga tersedia di sini.

Pantai Air Manis Padang

Di sekitar Pantai Air Manis Padang tersedia beberapa penginapan yang rata-rata dikelola oleh masyarakat setempat, sehingga harga sewanya tidak bagitu mahal. Begitu juga dengan tempat makan. Di sepanjang pantai terdapat warung makan yang bisa dimanfaatkan untuk tempat bersantap ria. Jika Anda ingin berlama-lama menikmati Pantai Air Manis, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat bermalam di sekitar kawasan wisata pantai, karena tersedia penginapan dengan harga yang terjangkau, karena sebagian besar penginapan tersebut dikelola oleh masyarakat sekitar. Untuk urusan makan, tersedia warung makan yang berada di sepanjang Pantai Air Manis. Selain itu beberapa fasilitas seperti tempat parkir, toko souvenir, toilet umum, persewaan papan selancar dan tempat ibadah juga sudah tersedia.



Akses :
Lokasi Pantai Air Manis terletak di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatra Barat, Indonesia. Disini ada sedikit rute untuk menuju ke lokasi ini Anda dapat menempuhnya dengan menggunakan kendaraan roda empat atau juga roda dua. Karena jalurnya yang sempit, maka Anda diharuskan untuk berhati-hati, walaupun jalannya sudah diaspal, tetapi lebarnya hanya 4 meter saja. Sangat disarankan agar kecepatan kendaraan Anda cukup 40 Km/jam, apalagi ketika cuaca sedang hujan. Dengan hanya menempuh lebih kurang 20-30 menit perjalanan dari pusat Kota Padang, maka Anda sudah dapat menikmati tempat ini dan selamat menikmati indahnya alam kita.

0 Response to "Pantai Air Manis, Legenda Malin Kundang Sumatera Barat"

Poskan Komentar