Aek Martua, Diatas Air Terjun masih ada Air Terjun


Negri Seribu Suluk masih menyimpan banyak cerita rakyat, alam yang masih asri, serta adat yang masih diturunkan ke anak cucu mereka. Masih banyak wisata alam yang belum diketahui banyak orang. Salah satu nya Air Terjun Aek Martua Pasir Pangaraian, Rokan Hulu, Provinsi Riau. 



Air Terjun Aek Martua
Andhi Liansyah

Ada tiga air terjun yang indah dan spektakuler dengan jarak beberapa puluh meter di kawasan ini bervariasi mulai dengan ketinggian  15 meter sampai yang tertinggi 35 meter.  Air terjun pertama memiliki hamparan batu yang cukup luas untuk bermain air, sedangkan air terjun kedua memiliki kolam 250 m2 untuk mandi, yang lebih spektakuler adalah air terjun ketiga, tentunya bagi mereka yang memiliki keahlian panjat tebing untuk menuju tempat tersebut. Itu menjadikan pengelaman yang sangat menantang dan seru saat berkunjung ke Aek Martua.


Aek Martua

Air terjun Aek Martua ini, memang sudah jadi salah satu wisata unggulan di Rohul. Tapi kawasannya masih berstatus sebagai hutan lindung yang memiliki fungsi ekologis terutama sebagai sumber air

Jembatan ke Aek Martua

Nama Aek Martua ini adalah nama sebuah sungai di mana air terjun ini berada dan berasal dari bahasa suku Mandailing yang artinya adalah Air Bertuah.





Akses Menuju Air Terjun Aek Martua
Berjarak 12 km dari Pasir Pengairan ke Simpang Tanggun dengan arah menuju Tapsel (Tapanuli Selatan), atau dibutuhkan 1 jam waktu tempuh perjalanan. Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan jalan kaki 1.5 jam dengan jarak 6,5 km dari pintu masuk melewati jembatan gantung dan jalan setapak di perkebunan masyarakat sejauh kurang lebih 3,5 km (kondisi jalan sudah di beton), dan melewati kawasan hutan lindung sejauh kurang lebih 3 km dengan tanjakan dan turunan yang cukup curam.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari Pekanbaru ke  Pasir Pengaraian (naik angkutan L300 atau Superban Rp. 35.000) turun di Simpang Tangun.  Kemudian naik angkutan menuju Tangun dengan jenis Oplet dan Omprengan Rp. 5000.

0 Response to "Aek Martua, Diatas Air Terjun masih ada Air Terjun"

Posting Komentar