Air Terjun Langkuik Tamiang Malalak, Surga Yang Tersembunyi Di Sumbar


Bicara soal sumatera barat, tempat ini memang gak ada habisnya untuk di kunjungi, daerah yang masih banyak tempat yang belum di ketahui oleh wisatawan termasuk Air Terjun Langkuik Tamiang Malalak


Malalak merupakan sebuah kecamatan di wilayah Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Terletak di sisi Barat Gunung Singgalang. 

Karena letak geografisnya yang berada di kaki gunung, menjadikan Malalak sebagai surga air terjun di Ranah Minang.



Malalak

Ternyata didalamnya ada deretan air terjun fantastis yang membuat mata terpana. Tepatnya di Jorong Nyiur, Kenagarian Malalak Selatan tersembunyi 5 air terjun yang layak jadi destinasi bagi mereka pecinta petualangan di alam liar. Yang termasuk 5 air terjun itu yakni Batang Pipia, Langkuik Barangin, Langkuik Tinggi dan dua air terjun lainnya yang tak kalah menarik. Namun sayangnya, objek wisata ini masih dikelola dengan swadaya masyarakat dan masih kurangnya promosi.

Air terjun Malalak

Objek utama di sini adalah air terjun langkuik tinggi. Air terjun ini mempunyai ketinggian mencapai 100 m dengan tebing yang sangat tinggi. Cipratan airnya, membuat penggujung yang berada di radius 15 m  dari air terjun basah kuyup.

Air terjun Langkuik
Karena letaknya yang berada di pedalaman hutan yang lebat, maka lokasi ini menjadi destinasi yang cocok bagi Anda pecinta petualangan. Tidak hanya orang dewasa yang berkunjung kesini, namun anak-anak dan orangtuapun tak mau kalah untuk bisa menikmati objek wisata air terjun Langkuik Tamiang ini. Setibanya dilokasi, kita langsung disuguhi oleh jejeran air terjun yang menyerupai lukisan, dengan air sungai yang menyerupai kolam renang, yang airnya yang jernih berwarna hijau muda.



Lokasi: 


Akses:
Ada beberapa pilihan jalur untuk menuju ke air terjun ini.
  • Pertama, via Bukittinggi-Malalak. 
  • Kedua, via Padang Pariaman-Malalak. 
  • Namun lebih disarankan ambil jalur via Bukittinggi-Malalak.
Yang mana akan menempuh waktu sekitar 1 jam berkendara. Sampai desa Nyiur, lalu menikung sedikit ke kanan akan terdapat gerbang atau pintu masuk ke Air Terjun Langkuik Tamiang di sebelah kiri. Para pemuda setempat yang mengelola lokasi akan menyambut kedatangan tamu dengan ramah dan sopan. Waktu tempuh menunju ke Air Terjun Langkuik Tamiang dari jalan raya sekitar 45 menit.

Diharapkan kondisi tubuh sangat prima, karena medan menuju air terjun cantik ini sangat berat. Mendaki dan menuruni tebing terjal dengan kemiringan ekstrim, serta menyeberangi sungai dan menapaki bebatuan licin.

0 Response to "Air Terjun Langkuik Tamiang Malalak, Surga Yang Tersembunyi Di Sumbar"

Poskan Komentar